Contoh surat remi, surat perjanjian,surat kuasa,surat ijin,surat waris

+ Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya

+ Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.

Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia

Dan untuk surat + Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat + Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait-:


Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Resmi di mana salah satu instansi yang memakai jenis surat tersebut ialah instansi pendidikan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar. Lalu apa itu Surat Dinas Resmi Sekolah?
Surat Dinas Resmi Sekolah ini bergotong-royong tidak jauh berbeda dengan surat pemberitahuan resmi yang telah kita bahas sebelumnya. Karena fungsinya juga sebagai media pemberitahuan terkait segala macam aktivitas yang akan dilaksanakan oleh pihak sekolah ibarat pembagian rapor, aktivitas study tour, rapat wali murid, dan sebagainya. Tidak jarang Surat Dinas Resmi Sekolah ini berkedudukan sebagai surat seruan kepada para wali murid.
Seperti jenis surat resmi lainnya, terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dikala menyusun Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar, berikut di antaranya :

  1. Kepala surat atau kop instansi
  2. Pihak yang dituju (nama dan alamat)
  3. Pembuka surat (umumnya berisi salam pembuka dan penghormatan)
  4. Isi surat (memuat wacana maksud dan tujuan dikeluarkannya surat, waktu dan daerah kegiatan, serta rincian lain yang terkait dengan isi pemberitahuan)
  5. Penutup surat (terdiri dari ucapan terima kasih serta salam penutup)
  6. Tanda tangan dan nama terang
  7. Karena termasuk dalam jenis surat resmi maka kita perlu memakai tata bahasa yang baik dan benar dikala menyusun Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar ini

Seperti biasa, berikut kami berikan beberapa Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar sebagai materi rujukan untuk para pembaca sekalian :
Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar :
PEMERINTAH KABUPATEN PATI DINAS PENDIDIKAN Sekolah Menengah kejuruan TUNAS HARAPAN Jalan Soekarno Hatta 17 Pati
Telepon : 02123456789

Pati, 2 Desember 2017
Nomor : ..... / ..... / ..... / .....
Perihal : Pemberitahuan
Lampiran : -


Yang terhormat,
Bapak/Ibu Orangtua/Wali Murid
Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Tunas Harapan
Di tempat

Dengan hormat,
Dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan Tunas Harapan khususnya kelas X. Maka melalui surat ini kami bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa-siswi Kelas X Sekolah Menengah kejuruan Tunas Harapan di luar lingkungan sekolah. Adapun program tersebut akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal : Senin, 4 Desember 2017
Waktu : Pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Kebun Binatang
Acara : Penelitian Fauna Langka

Sehubungan dengan hal tersebut kami memohon biar Bapak/Ibu berkenan menawarkan izin kepada putra/putrinya. Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Kepala Sekolah
Sekolah Menengah kejuruan Tunas Harapan Pati


Mujiono, M.Pd.



Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar  :

KOP SURAT
Rembang, 2 Desember 2017
Nomor : ….. / ….. / ….. / …..
Lampiran : -
Perihal : Undangan Wali Murid


Yang terhormat,
Bapak/Ibu Orangtua/Wali Murid
Kelas XII Sekolah Menengah kejuruan N 1 Rembang
Di tempat



Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Sekolah Menengah kejuruan N 1 Rembang, kami selaku pengurus OSIS Sekolah Menengah kejuruan N 1 Rembang akan melakukan aktivitas pemberian kepada anak yatim yang akan diselenggarakan pada :

Hari, tanggal : Senin, 4 Desember 2017
Waktu : Pukul 09.00 WIB - Selesai
Tempat : Gedung Serba Guna Sekolah Menengah kejuruan N 1 Rembang


Sehubungan dengan hal tersebut kami bermaksud memohon kesediaan Bapak/Ibu Orangtua/Wali Murid untuk hadir dan turut berpartisipasi dalam program tersebut. Mengingat pentingnya program tersebut, kiranya Bapak/Ibu berkenan hadir sempurna waktu. Demikian seruan ini kami sampaikan, atas partisipasi dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

Mengetahui,
Kepada Sekolah Sekolah Menengah kejuruan N 1 Rembang Ketua OSIS


Suwardi, M.Ag. Daniel Wahyu K.

Contoh-Contoh Surat Dinas lainnya sebagai berikut :

Contoh Surat Resmi Sekolah Dasar

 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Re Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar contoh surat resmi sekolah dasar

Contoh Surat Dinas Kesehatan

 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Re Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar Contoh Surat Dinas Kesehatan

 

Contoh Surat Dinas OSIS

 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Re Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar contoh surat dinas osis

 

Contoh Surat Dinas Pemerintahan


 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Re Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar  Contoh Surat Dinas Pemerintahan

Contoh Surat Dinas Perusahaan

 Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Contoh Surat Pemberitahuan Secara Re Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang Benar Contoh Surat Dinas Perusahaan




Demikian Contoh Surat Dinas Resmi Sekolah yang sanggup kami berikan. Semoga Bermanfaat. Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+ Share on LinkedIn

Contoh Surat Dinas Antar Sekolah dalam artikel ini berkaitan dengan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Surat Dinas selalu menjadi bagian dari aktivitas sebuah instansi, baik perusahaan umum, pemerintahan, maupun dalam sebuah instansi akademis. Dalam hal ini kita ambil sebuah contoh instansi akademis yaitu Sekolah Menengah Akhir.

contoh-surat-dinas-antar-sekolah-yang-baik

Fungsi Surat Dinas Antar Sekolah :

  • Sebagai salah satu media komunikasi format antar sekolah seperti :
    • Undangan, Ajakan kerjasama, Ucapan terimakasih dan lain sebagainya.
  • Sebagai arsip data kegiatan sekolah.

Penggunaan  Surat Dinas Antar Sekolah

Surat dinas di Sekolah ternyata tidak hanya guru atau karyawan saja yang membutuhkan, tetapi para siswa juga tidak asing lagi menggunakan surat resmi ini sebagai media komunikasi formal. Kemudian ada sebuah pertanyaan begini, “Lalu siapa saja siswa SMA yang menggunakan surat dinas untuk kepentingan formal?” jawabnya adalah sebagian siswa yang berkecimpung dalam organisasi siswa atau mungkin siswa yang sedang menjadi wakil sekolah untuk mengikuti event tertentu seperti kejuaraan, atau mungkin kegiatan sosial.

Para siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah, mereka sudah biasa membuat berbagai surat dinas yang berkaitan dengan kegaiatan organisasi ini. Sebagai contoh ketika SMA Negeri A Surakarta  sedang mengadakan kegiatan peringatan hari olahraga nasionla dan ingin mengadakan pertandingan sepakbola persahabatan dengan SMA Negeri B Surakart, dalam hal ini pihak OSIS SMA Negeri A Surakarta harus membuat surat dinas yang digunakan sebagai tembusan kepada SMA Negeri B Surakarta berisikan undangan untuk melaksanakan pertandingan persahabatan.

Untuk lebih mudahnya, kita posisikan diri kita sebagai salah satu anggota OSIS di SMA Negeri A Surakarta khususnya sekretaris yang biasa menuliskan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh Organisasi ini. Untuk itu mari kita buat surat dinas seperti contoh dibawah ini :

Contoh Surat Dinas Antar Sekolah Undangan Pertandingan Persahabatan

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH  SMA NEGERI A SURAKARTA Jl. Imam Bonjol No. 144 Surakarta, 01234 telp. (000)000001 =========================================================================
                                    5 september 2013 Nomor     :  02/SMAN A/2012
Lampiran  : -
Hal           : (undangan) Pertandingan Olahraga

Yth. Kepala Sekolah
SMA Negeri B Surakarta
Jl. Patimura No.2
Surakarta

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional, maka kami akan mengadakan pertandingan olah raga bola volly persahabatan. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan pada :
Tanggal : 9-11 September 2013
Waktu : 08.00 - 11.00 WIB
Tempat : Lapangan Volly SMP  Negeri A Surakarta
Demikian undangan ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih

Hormat kami,
Kepala Sekolah
SMA Negeri A Surakarta


Nugraha Prasetyo, M.Pd.
Nip. 1213143434


------------------------------------------------------------------------------------------------------------



Untuk kegiatan yang lain seperti bakti sosial, kegiatam class meeting, atau mungki perlombaan akademik antar sekolah mungkin akan saya muat pada artikel selanjutnya sehingga anda bisa langsung mencotohnya. Tapi yang perlu dicermati disini adalah bagian kerangka dan poin-poin penting dari surat dinas antar sekolah diatas, sehingga pada contoh kasus yang lain anda tinggal mengganti kalimatnya saja agar lebih tepat.

Demikian dulu, semoga sedikit artikel ini bisa memberikan manfaat dan wawasan tambahan bagi anda yang membutuhkan contoh surat dinas sekolah, atau mungkin bagi anda yang sedang mencari contoh untuk tugas sekolah  saya sangat berharap contoh ini bisa membantu anda. Terimakasih telah berkunjung dan membaca informasi tentang contoh surat dinas antar sekolah ini, untuk contoh-contoh surat yang lain silahkan anda telusuri diblog ini. --- salam sukses selalu----

Contoh Surat Dinas
1. Contoh Surat Dinas Undangan DINAS PENDIDIKAN PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN TEGAL
                                                                                            Tegal, 20 mei 2015 Nomor           : 012 / DPK / VI / 2015
Lampiran      : -
Perihal           : Undangan

                                                                                             Yth. Sdr. Abdel Pamentaman                                                                                              Jl. Trijaya no 212                                                                                              Tegal Dengan hormat,

Kami mengundang Saudara untuk menghadiri rapat yang akan diadakan pada:
Hari              : Selasa , 22 Mei 2015
Tempat         : Gedung Serba Guna ,  Kabupaten Tegal
Waktu           : 11.00 – selesai
Acara            : Pembahasan kegiatan dengan Dewan DPRD Kabupaten Tegal

Atas perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih

                                                                                             Hormat kami,
                                                                          Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya
                                                                                          ( Tanda tangan )
                                                                                           Drs. Aji Setiaji


2. Contoh Surat Dinas Pemberitahuan
Surat Dinas (Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis, Contoh) Klik Untuk Memperbesar Gambar
3. Contoh Surat Dinas Keterangan
Surat Dinas (Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis, Contoh)



Harapan kami semoga artikel + Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : + Administrasi Perkantoran: BEBERAPA CONTOH SURAT DINAS - Lengkap Contohnya

0 comentarios:

Publicar un comentario