Contoh surat remi, surat perjanjian,surat kuasa,surat ijin,surat waris

√ Cara Membuat Surat Tembusan !

√ Cara Membuat Surat Tembusan ! -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.

Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia

Dan untuk surat √ Cara Membuat Surat Tembusan ! ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat √ Cara Membuat Surat Tembusan ! sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait-:


Cara menulis surat tembusan yang benar akan saya share pada kesempatan posting artikel referensi format surat kali ini. Pada saat menyimak surat dinas, terkadang kita akan menemukan kata "tembusan". Salah satu bagian dari surat dinas ini letaknya dibagian paling bawah - sebelah kiri. Meskipun bagian dari surat dinas, kehadirannya boleh dianggap opsional. Artinya, tembusan hanya digunakan apabila surat tersebut memang membutuhkannya.

Tembusan sendiri merupakan pihak-pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku dan tidak boleh asal-asalan.

Adapun beberapa dari standar itu ialah dalam penomoran. Jika pada tembusan pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan hanya satu orang, penomoran tidak perlu dilakukan. Namun, jika lebih dari satu, maka sebaiknya diberi nomor urut sesuai dengan jenjang jabatan pada instansi tersebut. Aturan berikutnya adalah, pihak yang diberi tembusan sebaiknya merupakan nama jabatan atau nama orang, bukan nama kantor atau instansi.

Agar lebih mudah dalam membuat surat tembusan, silakan di simak beberapa contoh surat tembusan yang benar berikut ini.

Surat Tembusan ke Dinas Tenaga Kerja


PEMERINTAH DAERAH KOTA BANDUNG DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI Jl. Teknologi Canggih Raya No. 1 Kota Bandung 30987 Telp. : 022 - 891092 ext. 345 Fax. : 022 - 891090 Bandung, 10 Agustus 2016

Nomor       : 15/DTKT/VIII/16 Perihal       : Pemberitahuan

Yth, Seluruh Karyawan Beserta Staff Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Di tempat

Dengan hormat,
Berkenaan dengan adanya pendataan tentang data kepegawaian di lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, bersama ini kami mohon Bapak/ Ibu/ Saudara untuk mengumpulkan berkas – berkas kelengkapan data kepegawaian sebagai berikut.
  1. 2 (dua) lembar Fotokopi KTP
  2. 2 (dua) lembar Fotokopi Kartu Keluarga
  3. 2 (dua) lembar Fotokopi NPWP
  4. 2 (dua) lembar Pas Foto 3x4 Background Merah
Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasama yang baik dari Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.



Hormat saya, Kepala Biro Kepegawaian Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Dr. Fahmi Trianinda, S.E, MBA


Tembusan : 1. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Surat Tembusan ke Kantor Agama


Nomor         : 36/ PPH/PP..CONTOH/IX/2012
Lampiran     : 2 lembar
Perihal         : Pemberitahuan


Yth,
Kantor Urusan Agama
Di Sumenep


Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Silaturrahim kami sampaikan, semoga Bapak/Ibu senantiasa dalam lindungan yang Maha Kuasa, Amin…

Selanjutnya, sesuai dengan agenda kegiatan Panitia Pengajian Umum dan Haul akbar Ke-36 Mursyid Thoriqah Naqsyabandi Ahmadiyah Mudzhariyah Al-Arif Billah KH. .............................. diantaranya yaitu mengadakan Pengajian umum dan Haul, maka dengan ini kami Panitia pelaksana Pengajian umum dan haul akbar Mursyid Thoriqah Naqsyabandi Ahmadiyah Mudzhariyah, memberitahukan bahwa kami akan melaksanakan acara tersebut, yang Insya Allah akan dilaksanakan nanti pada :

Hari/Tanggal   : Sabtu, 15 September 2012
Bertempat       : Di Desa.......................
Waktu               : 09.00 WIB s/d selesai

Dengan susunan acara sebagaimana terlampir

Demikian pemberitahuan kami, atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/ Ibu, kami sampaikan terima kasih.Wassalamualaikum Wr. Wb.



...................., 10 September 2012 Ketua Umum Sekretaris

(..............................) PENGASUH PP. CONTOH


Tembusan : 1. .................................

Surat Tembusan ke POLSEK


PANITIA PERINGATAN HUT RI KE-69 Dsn. Juwah Ds. Siman Kec. Kepung Kab. Kediri Nomor    : 002/PH/HUT-RI/TM/IX/2014
Hal          : PEMBERITAHUAN


Kepada Yth,
Bpk. KAPOLSEK KEPUNG
Di tempat.


Assalamualaikum Wr. Wb.

Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-69. Kami selaku panitia dari Dsn. Juwah Ds. Siman Kec. Kepung mengadakan acara pada :

Hari : Minggu Tanggal : 24 Agustus 2014 Waktu : 14.00 WIB s/d selesai Kegiatan : Lomba Panjat Pinang Tempat : Halaman Rumah Kepala Dusun Juwah Ds. Siman Kec. Kepung

Untuk itu kami memberitahukan kepada Bapak KAPOLSEK, sehingga acara yang akan kami selenggarakan dapat berjalan lancar dan aman.

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Siman, 19 Agustus 2014  Sekretaris Ketua Pelaksana

Masmunir Arsyad Hermansyah

Mengetahui Kepala Dusun

Agus Suratman

Tembusan : 1. Camat Kepung 2. DANRAMIL Kepung
Demikianlah beberapa contoh surat tembusan yang baik dan benar sesuai standar bakunya. Semoga referensi surat diatas berguna bagi sahabat pembaca. Pastikan Anda cek kembali sebelum surat tersebut dibuat, hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. #addcodemiddle{display: none;}



Harapan kami semoga artikel √ Cara Membuat Surat Tembusan ! bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : √ Cara Membuat Surat Tembusan !

0 comentarios:

Publicar un comentario