Contoh surat remi, surat perjanjian,surat kuasa,surat ijin,surat waris

! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya

! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.

Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia

Dan untuk surat ! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat ! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait-:



Surat resmi adalah surat yang digunakan untuk kepentingan resmi baik itu perseorangan, instansi maupun organisasi. Surat resmi dapat berupa undangan, surat edaran dan surat pemberitahuan. Mempelajari surat resmi merupakan hal penting bagi kamu yang berkecimpung di bidang-bidang yang saya sebutkan tadi, maka dari itu alangkah baiknya jika kamu mengetahui kesalahan apa saja yang sering terjadi dalam penulisan surat resmi.
Berikut beberapa kesalahan-kesalahan dalam penulisan surat resmi:
1. Kesalahan Penulisan Kepala Surat Sebaiknya, kepala surat disusun dan dicetak dalam bentuk yang menarik. Dalam kepala surat tercantum nama kantor, alamat, nomor telepon (apabila ada), nomor kotak pos (apabila ada), nama kantor cabang, nama bankir, bidang usaha dan lambang instansi yang bersangkutan atau logo. Beberapa kesalahan bahasa dalam kepala surat terlihat dalam contoh berikut:
P.T.ASRI JAYA Jln. Tanah Datar 5-Ciledug-Tanggerang-Jawa Barat PO.Box 519/K.B.Y.Tilp.5.864.238
Kesalahan pertama dalam kepala surat diatas adalah P.T. yang menggunakan tanda titik. Jika singkatan dengan huruf kapital bukan singkatan gelar akademik atau bukan singkatan nama orang, singkatan itu tidak diberi titik. Jadi, singkatan itu harus PT tanpa titik
Kesalahan berikutnya ialah penulisan Jln. yang seharusnya ditulis lengkap Jalan
Pembatas unsur-unsur alamat haruslah tanda  koma dan bukan tanda hubung seperti diatas yang benar adalah Jalan Tanah Datar 5, Ciledug, Tanggerang, Jawa Barat
PO BOX merupakan kata asing, yang seharusnya ditulis Kotak Pos. KBY ditulis tanpa titik
Kata Tilp. harus dituliskan lengkap, Telepon dengan nomor telepon tanpa diberi titik atau spasi, seperti 5.864.238 atau 5 864 238 karena bukan suatu jumlah, tetapi yang benar adalah 5864238. Jadi, penulisan kepala surat yang benar adalah sebagai berikut:
PT ASRI JAYA3 Jalan Tanah Datar 5, Ciledug, Tanggerang, Jawa Barat Kotak Pos 519/KBY Telepon 5864238
2. Kesalahan Penulisan Lampiran Bagian lampiran tidak selamanya harus dicantumkan apabila misalnya, surat itu tidak melampirkan . Jika bersama surat itu, ada sesuatu yang dilampirkan, apa yang dilampirkannya itu hendaknya ditulis dengan lengkap. Akan tetapi, jika surat tersebut tidak melampirkan barang yang lain, seperti brosur, fotokopi, atau buku, kata lampiran tidka perlu dicantumkan dalam surat, misalnya:
Nomor : 211/U/2000 Lampiran : - Perihal : Rapat Penilaian
Kata lampiran dicantumkan tanpa memiliki fungsi yang jelas, karena memang surat tidak melampirkan sesuatu, pencamtuman tanda hubung, tanda petik atau angka nol terasa sangat dipaksakan karena sekedar mengisi kekosongan tanpa tujuan yang jelas. Karena tanpa sesuatu yang dilampirkan, kata lampiran tidak harus dicantumkan, seperti perbaikan berikut ini:
Nomor : 211/U/2000 Perihal : Rapat Penilaian
3. Kesalahan Penulisan Tanggal Surat Dalam surat dinas dan surat niaga, sebelum tanggal surat, tidak dicantumkan kota sebab nama kota itu sudah tercantum dalam kepala surat.
Dalam surat pribadi atau surat dinas yang tidak menggunakan kepala surat, nama kota harus dicantumkan sebelum tanggal surat. Selanjutnya, penulisan tanggal surat hendaknya tanggal, bulan dan tahun ditulis secara lengkap. Tanggal 28 Oktober 2000 tidak disingkat 28 Okt 2000 atau diganti dengan lambang bilangan menurut urutannya, seperti 28-10-2000, tetapi harus ditulis lengkap 28 Oktober 2000
4. Kesalahan Penulisan Alamat Surat Selain dicantumkan pada sampul surar, alamat surat juga perlu dicantumkan pada lembar surat. Alamat surat hendaknya ditulis dengan jelas, singkat dan lengkap. Penulisan alamat surat yang efisien dan efektif dapat dilakukan dengan aturan-aturan sebagai berikut:
Alamat tidak diawali dengan kata kepada sebab siapapun sudah mengetahui bahwa alamat yang ditulis itu adalah alamat yang dituju. Selain itu, kata kepada berfungsi sebagai kata penghubung intra kalimat yang menyatakan tujuan, sedangkatn alamat surat bukan berupa kalimat, sama halnya dengan alamat pengirim yang tidak perlu menggunakan kata dari
Alamat pada lembar surat ditulis disebelah kiri di antara perihal dan salam pembuka dengan tidak diikuti tanda baca apapun
Kata sapaan seperti Saudara, Bapak, Ibu dan Tuan tidak perlu ditulis didepan gelar, pangkat dan jabatan. Kata sapaan digunakan jika diikuti langsung oleh nama yang dituju. Contoh alamat surat yang salah:
Kpd Yth. Bapak Direktur CV Kencana Wungu Jln.Wonosobo No.40
SURABAYA

Kepada Yth
Bapak Kepala Kantor Wilayah Ditjen Binaguna
Provinsi Jawa Barat
Jln.Taman Sari No.32
Bandung

Kepada Yth.
Bapak Drs.Edy Sanjaya
Manaje Personalia PT Dahona
Jalan Gajah Mada No.127
UJUNG PANDANG

Kesalahn pada contoh pertama adalah penggunaan kata Kepada dan Bapak. Selain itu, kata jalan hendaknya ditulis lengkap. Nama kota SURABAYA tidak perlu ditulis dengan kapital seluruhnya, tetapi hruf awalnya saja yang kapital

Kesalahan pada contoh kedua hampir sama dengan contoh pertama. Garis bawah dan segala tanda baca pada nama kota Bandung merupakan tanda-tanda yang tidak menambah informasi

Kesalahan pada contoh ketiga juga hampir sama dengan contoh pertama dan kedua. Gelar akademik Drs. tidak perlu didahului kata Bapak. Sebaliknya, kata sapaan Bapak tidak perlu diikuti gelar akademik yang dituliskan didepan nama

Alamat-alamat surat di atas seharusnya ditulis:

Yth. Direktur CV Kencana Wungu
Jalan Wonosobo No.40
Surabaya

Yth. Kepala Kantor Wilayah Ditjen Binaguna
Provinsi Jawa Barat
Jalan Taman Sari No.32

Yth. Drs.Edy Sanjaya
Manager Personalia PT Dahona
Jalan Gajah Mada No.127
Ujung Pandang

5. Kesalahan Penulisan Salam Pembuka dan Salam Penutup dengan hormat. Dengan Hormat,
Salam pembuka di atas merupakan contoh salam pembuka yang salah. Salam pembuka seharusnya ditulis dengan huruf kapital pada kata dengan dan tidak menggunakan huruf kapital pada kata hormat kemudian diikuti dengan tanda koma. Jadi penulisan salam pembuka yang benar adalah:
Dengan hormat,
Salam penutup juga memiliki aturan yang sama dengan salam pembuka, yaitu kata hormat harus menggunakan huruf kapital sedangkan kata kami tidak menggunakan huruf kapital kemudian diikuti tanda koma, seperti:
Hormat kami,

Yup! itulah tadi pemaparan saya mengenai kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi dalam pembuatan surat resmi. Kalau ada yang terasa kurang dimengerti atau ada saran yang ingin disampaikan, silahkan komen di kolom komentar. Semoga Bermanfaat!

About Admin MC3

This is dummy text. It is not meant to be read. Accordingly, it is difficult to figure out when to end it. But then, this is dummy text. It is not meant to be read. Period.

Related Post
Fungsi Surat Dinas. Secara umum definisi Surat dinas adalah merupakan surat yang ditulis untuk kepentingan atau menyangkut masalah lembaga, organisasi, dan instansi. Nah berikut ini adalah fungsi surat dinas dan syarat surat dinas.

Fungsi Surat Dinas

Fungsi Surat Dinas


  1. Surat dinas sebagai duta atau wakil penulis untuk berhadapan dengan lawan bicaranya. Oleh karena itu, isi surat merupakan gambaran mentalitas pengirimnya;
  2. Surat dinas sebagai alat pengingat karena surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika diperlukan;
  3. Surat dinas sebagai pedoman kerja, seperti surat keputusan atau surat instruksi;
  4. Surat dinas sebagai bukti tertulis hitam di atas putih, terutama surat-surat perjanjian;
  5. Surat dinas sebagai alat bukti tentang yang dikomunikasikan, yang selanjutnya sebagai bukti sejarah, seperti pada surat- surat tentang perubahan dan perkembangan suatu instansi, yuridis dan administratif.

Syarat Surat Dinas


  1. Format dari surat harus teratur sesuai dengan format surat dinas.
  2. Isi dari surat tidak terlalu panjang harus langsung pada inti yang ingin disampaikan.
  3. Bahasa yang digunakan harus bahasa resmi, sopan dan mudah untuk dipahami pembaca.
  4. Dan surat harus menggambarkan citra dari instansi atau lembaga yang membuatnya



Harapan kami semoga artikel ! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ! Fungsi Surat Dinas | Fungsi Alat # Doc Contoh Resminya

0 comentarios:

Publicar un comentario