! RPP - Menulis Surat Dinas Berkenaan Dengan Kegiatan Sekolah # Doc Contoh Resminya -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.
Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia
Dan untuk surat ! RPP - Menulis Surat Dinas Berkenaan Dengan Kegiatan Sekolah # Doc Contoh Resminya ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat ! RPP - Menulis Surat Dinas Berkenaan Dengan Kegiatan Sekolah # Doc Contoh Resminya sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.
Artikel terkait-:
Kumpulan Contoh Soal Menulis Surat Dinas dan Surat Pribadi
Salah satu materi yang ada dalam kurikulum 2013 adalah menulis surat dinas dan menulis surat pribadi. Materi menulis surat ini tidak hanya ada dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2016 dan 2017, tetapi juga sudah diajarkan untuk tingkat SMP sejak kurikulum sebelumnya. Bedanya, pada awal penerapan kurikulum 2013, materi ini tidak ada. Yang banyak hanya berbasis teks dan surat dianggap bukan bagian dari jenis teks yang perlu diajarkan.
Kali ini, materi surat dinas menjadi bagian dari materi kelas 7 SMP/MTs. Isi materinya meliputi pemahaman terhadap bagian-bagian struktur surat, perbedaan antara surat dinas dan surat pribadi, serta akhirnya bisa memahami bagian surat kemudian mampu untuk menulis sendiri sebuah surat dinas resmi maupun surat pribadi.
Materi menulis surat dinas dan surat pribadi juga menjadi bagaian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan ulangan semester genap atau yang kini disebut dengan Ulangan Kenaikan Kelas atau UKK. Sayangnya, buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan sebagai buku 'resmi' pelajaran Bahasa Indonesia tidak menyediakan contoh soal pilihan ganda. Padahal, untuk pelaksanaan UKK seperti halnya USBN dan UN bentuk soalnya adalah pilihan ganda. Berangkat dari itulah, di sini disediakan beberapa contoh soal dengan materi bab surat resmi dan surat pribadi.
Adapun beberapa soal yang ada di sini sekadar contoh. Jika ingin mendapatkan soal yang lebih 'membumi' lebih sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing, maka perlu disesuaikan tentang pilihan kata, beban materi, dan ilustrasi yang digunakan.
Hal yang paling sederhana untuk 'membumikan' sebuah soal adalah penggunaan ilustrasi yang dekat dengan siswa. Misalnya, penggunaan nama sekolah adalah sekolah sendiri. Minimal nama kota adalah nama kota yang ada di sekolah tersebut. Maka, siswa akan merasa dekat dengan soal dan akan lebih tertarik sehingga bisa lebih semangat dan mau lebih teliti terhadap soal yang dibaca.
Berikut ini contoh-contoh soal materi surat dinas dan surat pribadi:
Contoh Soal Surat Dinas
Contoh Soal Surat Dinas Pertama Berikut ini adalah bagian-bagian surat yang hanya ada dalam surat dinas, yaitu.....
a. salam pembuka
b. tanggal penulisan surat
c. kepala surat
d. identitas penulis surat
Contoh Soal Surat Dinas Kedua Contoh salam pembuka yang paling tepat untuk sebuah surat dinas adalah....
a. Selamat Pagi,
b. Salam Sejahtera,
c. Assalamualaikum,
d. Dengan hormat,
Contoh Soal Surat Dinas Ketiga
Sebuah surat dinas ditulis oleh lembaga resmi yang ditujukan kepada ....
a. Pimpinan sebuah lembaga selaku sanak saudara
b. Orang lain karena alasan pribadi
c. Pejabat negara saja
d. Lembaga atau pihak lain karena tujuan dinas
Contoh Soal Surat Dinas Keempat Perhatikan ilustrasi berikut! Maka dari itu, kami mohon Bapak untuk berkenan memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan di tempat tersebut pada: hari : senin tanggal : 8 Mei 2018 waktu : pukul 07.00 s.d. 12.00
Berdasarkan isi surat dinas di atas, maka tujuan yang tepat untuk surat tersebut adalah....
a. undangan
b. permohonan dana
c. peminjaman tempat
d. permohonan pemateri
Contoh Soal Surat Dinas Kelima Dalam surat dinas, identitas penulis surat meliputi hal-hal berikut, kecuali....
a. Nama terang
b. jabatan penulis surat
c. gelar keagamaan atau gelar akademik
d. cap atau stempel lembaga
Setelah memberikan contoh soal surat dinas, dalam bagian berikutnya ada contoh-contoh soal untuk surat pribadi. Mari perhatikan contoh-contoh soal berikut ini!
Kumpulan Contoh Soal Materi Surat Pribadi
Contoh Soal Surat Pribadi Pertama Berikut yang termasuk dalam surat pribadi adalah...
a. surat dari seorang anak yang memberikan kabar kepada orang tuanya.
b. surat dari kepala sekolah menugaskan anaknya yang seorang guru untuk ikut pelatihan.
c. surat panggilan seorang wali kelas kepada anak didiknya karena jarang masuk sekolah.
d. surat dari seroang anak kepada wali kelas untuk memohon izin.
Contoh Soal Surat Pribadi Kedua Sekian dulu, pikirkan untuk ikut ya. Saya tunggu jawabanmu segera.
Kutipan di atas merupakan bagian dari surat pribadi, yaitu bagian....
a. kepala surat
b. pembuka surat
c. isi surat
d. penutup surat
Contoh Soal Surat Pribadi Ketiga Salam pembuka paling tepat untuk sebuah surat pribadi dari seorang anak kepada orang tuanya adalah....
a. salam sayang dari anakmu,
b. salam hormat dari anakmu,
c. salam persahabatan selalu,
d. salam sportif kawan!
Contoh Soal Surat Pribadi Keempat Perhatikan kutipan berikut ini!
Datang ya, kawan. Mungkin ini adalah acara terakhir kita kumpul-kumpul sebelum aku pergi ke Palembang.
Bagian surat pribadi di atas, tepat digunakan untuk surat pribadi dengan tujuan untuk....
a. memberikan kabar b. mengundang c. memohon izin d. meminta maaf
Contoh Soal Surat Pribadi Kelima Dalam menulis sebuah surat pribadi, baik yang ditulis menggunakan media kertas maupun dikirim menggunakan fasilitas surel (e-mail), pilihan kata yang digunakan adalah...
a. ragam bahasa resmi
b. ragam bahasa baku
c. ragam bahasa gaul
d. ragam bahasa percakapan
Demikian contoh-contoh soal menulis surat dinas dan menulis surat pribadi. Semoga bermanfaat!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah : SMP N Satap Piringsina Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas / Semester : VIII / Ganjil Tahun Pelajaran : 2017/2018
Standar Kompetensi :
Menulis 4.
Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan, surat dinas, dan petunjuk. Kompetensi Dasar :
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku Indikator : 1. Mengidentifikasi bagian-bagian surat dinas 2. Menulis surat dinas dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku 3. Menyunting sistematika dan bahasa yang digunakan dalam surat dinas Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
Nilai Karakter :
Disiplin, Saling menghormati, perhatian, tekun, tanggung jawab, berani. Nilai Sosial :
Menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan toleransi A. Tujuan Pembelajaran - Setelah mengamati contoh surat dinas dan mendapatkan informasi tambahan dari guru, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian surat dinas dengan mengisi LKPD dengan tanggung jawab, teliti, dan sungguh-sungguh.
- Setelah mengidentifikasi bagian-bagian surat dinas, siswa dapat menulis surat dinas dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku pada LKPD yang telah disediakan dengan tanggung jawab, teliti, dan sungguh-sungguh.
- Setelah menulis surat dinas dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku, siswa dapat menyunting sistematika dan bahasa yang digunakan dalam surat dinas dengan tanggung jawab, teliti, dan sungguh-sungguh.
B. Materi pembelajaran - Surat Dinas
- Sistematika Surat Dinas dan Bahasa Baku dalam Surat Dinas
- Langkah-Langkah Menulis Surat Dinas
- Langkah-Langkah Menyunting Surat Dinas
C. Metode dan Teknik Pembelajaran Metode : Cooperative Learning Model : Think Pair and Share Teknik : Ceramah, tanya jawab, diskusi, inkuiri, dan penugasan. D. Langkah Pembelajaran Pertemuan Pertama 1. Kegiatan Awal (10 menit) a. Guru mengecek kehadiran dan mengondisikan kesiapan belajar siswa. b. Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan siapa yang senang menulis surat dan memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. c. Guru mengemukakan kompetensi yang akan dicapai dan manfaat mempelajari surat dinas dalam kehidupan sehari-hari. d. Guru menyampaikan pokok-pokok materi pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang urutan kegiatan sesuai dengan silabus 2. Kegiatan Inti a. Siswa berpasangan dengan teman sebangkunya mencermati contoh surat dinas yang diberikan oleh guru. (eksplorasi) b. Siswa secara berpasangan menentukan bagian-bagian surat dinas berdasarkan contoh surat dinas yang telah diamati dengan sungguh-sungguh dan tanggung jawab. (eksplorasi) → implementasi model think pair and share c. Siswa mendapatkan penguatan mengenai pengertian, dan bagian-bagian surat dinas serta langkah-langkah menulis surat dinas dengan sistematika yang tepat dan bahasa baku. (eksplorasi) d. Siswa secara individu menulis surat dinas dengan memperhatikan sistematika yang tepat dan bahasa baku yang digunakan. (elaborasi) → implementasi model think pair and share e. Setelah masing-masing siswa menulis surat dinas pada LKPD yang telah disediakan guru, siswa secara berpasangan menukarkan hasil kerja siswa dengan menyunting sistematika yang tepat dan bahasa baku untuk membiasakan sikap kerja sama dan toleransi (elaborasi) → implementasi model think pair and share f. Siswa memperbaiki surat dinas yang telah disunting oleh teman pasangannya (elaborasi) g. Tiap kelompok (pasangan) bertanggung jawab menyampaikan hasil kerja dan diskusinya kemudian guru memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa (konfirmasi) h. Siswa secara individual mengerjakan evaluasi tanpa menyontek pekerjaan teman untuk membiasakan sikap jujur dan menuliskannya di dalam lembar jawaban yang tersedia dengan menaati kaidah penulisan yang benar untuk membiasakan siswa berdisiplin. 3. Kegiatan Penutup (10 menit) a. Siswa membuat rumusan simpulan terhadap butir-butir pembelajaran yang sudah mereka ikuti. b. Siswa menyampaikan kesan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar terhadap pembelajaran yang baru berlangsung sebagai kegiatan refleksi. Siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran bertanya kepada guru dengan menggunakan bahasa yang santun sebagai ungkapan nilai rasa ingin tahu. c. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil belajar siswa. d. Guru memberi informasi tentang materi untuk pertemuan berikutnya. E. Media, Alat, dan Sumber Belajar 1. Buku : a. Kramadibrata, Dewaki dkk. 2008. Terampil berbahasa Indonesia: untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional b. Maryati dan Sutopo. 2008. Bahasa dan Sastra Indonesia 2: untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional c. Nurhadi dkk. 2007. Contextual Teaching and Learning Bahasa Indonesia: Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2. Lembar
Kerja
Peserta
Didik F. Penilaian Jenis : Lisan dan Perbuatan Bentuk : Tanya jawab dan unjuk kerja Instrumen : (terlampir) Piringsina, Kepala Sekolah Guru Bahasa Indonesia Syarifuddin Lewa, S.Pd. Achmad Hambali,S.Pd.,Gr. NIP. 19841022 201001 1 018 NIP. 19881223 201504 1 001
0 comentarios:
Publicar un comentario