Contoh surat remi, surat perjanjian,surat kuasa,surat ijin,surat waris

+ Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya

+ Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.

Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia

Dan untuk surat + Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat + Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait-:


√Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap-Surat terbagi mendadi dua yaitu surat resmi dan surat non resmi, untuk surat non resmi sendiri penulisanya mungkin sesuai dengan kehendak penilis surat itu sediri. Karena sifatnya non resmi penulisanya pu berfariasi dan beragram. Sedangkan surat resmi penulisannya harus mengikuti kaedah tatabahasa yang disempurnakan atau biasa disebut dengan EYD bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pokok-pokok isi surat resmi √Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap sudah diataur didalamnya dan penulisanan formatnya pun hampir sama. Dan point yang paling penting dalam penulisan surat resmi adalah:

  1. Menggunakan harus mengikuti kaidah tatabasa Indonesia yang telah disempurnakan
  2. Tidak mengandung unsur yang menjelekan atau merugikan pihak yang dituju
  3. Format penulisan jelas dan tidak menyimpang dari tema yang dibahas
  4. Biasakan dengan bahasa yang sopan dalam penulisannya
4 poko pint diatas tidak boleh terlewatkan, dan perlu untuk diketahui penulisan surat yang baik dan benar , sering kali orang menilai seseorang terlihat profesionalisme atau tidak dari cara bahasa dan penulisan surat yang digunakan tersebut √Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap


Baca Juga:

    Surat Keterangan Ahli Waris merupakan surat keterangan yang isinya adalah pernyataan bahwa pihak pembuat Surat Keterangan Ahli Waris tersebut memang benar-benar berhak atas segala sesuatu yang diwariskan oleh seseorang. Surat Keterangan Ahli Waris ini biasanya dibuat oleh seorang anak atau anggota keluarga yang berhak menerima warisan dari orang yang telah meninggal dunia.
    Sebelum membahas mengenai bagaimana bentuk dari Surat Keterangan Ahli Waris ini, alangkah baiknya jika para pembaca mengetahui terlebih dahulu beberapa dokumen yang harus dilengkapi untuk mengurus Surat Keterangan Ahli Waris ini. Berikut di antaranya :

    1. Surat pengantar dari RT/RW setempat.
    2. Fotokopi KTP dan KK para ahli waris.
    3. Fotokopi surat kematian.
    4. Fotokopi surat nikah orangtua yang telah dilegalisir oleh KUA setempat.
    5. Surat keterangan ahli waris yang ditandatangani oleh para ahli waris lengkap dengan materai dan disaksikan oleh para saksi serta pejabat setempat (RT/RW/Kepala desa).

    Setelah mengetahui beberapa dokumen penting di atas, berikut adalah beberapa poin penting yang harus dicantumkan dalam Surat Keterangan Ahli Waris :
    • Nama orangtua yang telah meninggal.
    • Nama lengkap para ahli waris.
    • Isi pernyataan yang menerangkan bahwa orang-orang yang telah disebutkan memang benar-benar ahli waris sah dari orang yang telah meninggal.
    • Tanda tangan (mulai dari para ahli waris, saksi-saksi, hingga para pejabat setempat).
    • Materai cukup.

    Seperti pada artikel lainnya, seperti biasa kami akan memberikan Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap sebagai bahan referensi para pembaca sekalian yang membutuhkan Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap ini. Langsung saja kita simak Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap berikut ini :

    SURAT KETERANGAN AHLI WARIS
    Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah Ahli Waris dari Bapak :

    Abdul Qodir bin Jaelani

    Menerangkan dengan sebenarnya dan sanggup diangkat sumpah bahwa Almarhum Bapak Abdul Qodir bin Jaelani yang bertempat tinggal di Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, DIY pada hari Jumat tanggal 1 September 2017 telah meninggal dunia di rumah Jalan Kebon Agung 123, Mlati, Sleman, DIY. Dari perkawinannya Almarhum Abdul Qodir bin Jaelani dengan istrinya Fatimah binti Ahmad  telah dilahirkan dan kini masih hidup 3 (tiga) orang anak. Ahli waris tersebut yaitu :

    1. Ahmad Nur Qodir (Laki-laki), 42 tahun
    2. Maryam Qodir (Perempuan), 40 tahun
    3. Abdul Manan Qodir (Laki-laki), 37 tahun

    Demikian kami adalah para ahli waris dari : Almarhum Bapak Bapak Abdul Qodir bin Jaelani.

    Apabila di kemudian hari terdapat ketidaksesuaian dengan isi Surat Keterangan Ahli Waris ini, maka segal sesuatu menjadi tanggung jawab kami para ahli waris spenuhnya, sedangkan aparat pemerintah yang turut menandatangani Surat Keterangan Ahli Waris ini dibebaskan dari segala bentuk tuntutan hukum.

    Yogyakarta, 25 September 2017

    Para Ahli Waris :
    1. Ahmad Nur Qodir        ……………………
    2. Maryam Qodir        ……………………
    3. Abdul Manan Qodir    ……………………


    Saksi-saksi :                                                             Disaksikan :
                                                                                     Ketua RT 001
    1. Paijo    ..............
    2. Paijan    ..............
    3. Paijah    ..............                                                 Suprlan


    Telah tercatat :                                                         Telah tercatat :
    Di Kantor Kecamatan Mlati                                    Di Kantor Kelurahan Mlati
    Nomor   : 2511/I-A.3/Sept/ …… /2017                  Nomor  : 234/ …. /SKT/ …. /2017
    Reg.       : ...........                                                      Reg.      : ……..
    Tanggal : ...........                                                      Tanggal : ..........

    CAMAT MLATI,                                           LURAH MLATI,



    Drs. Mustakim                                                Sanyoto, S.E.
    NIP. …………                                                 NIP. ……….


    Contoh Surat  Kuasa Ahli Waris

    Contoh Surat  Kuasa Ahli Waris Contoh Surat  Kuasa Ahli Waris

    Contoh Surat Ahli Waris Keluarga

    contoh surat ahli waris keluarga contoh surat ahli waris keluarga

    Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap Kematian

    contoh surat keterangan ahli waris kematian contoh surat keterangan ahli waris kematian

    Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap Notaris

    contoh surat keterangan ahli waris notaris contoh surat keterangan ahli waris notaris

     

    Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap Untuk Bank

    contoh surat keterangan ahli waris untuk bank contoh surat keterangan ahli waris untuk bank

    Surat Pernyataan Ahli Waris Jual Beli Tanah

    surat pernyataan ahli waris jual beli tanah surat pernyataan ahli waris jual beli tanah

    Demikian Beberapa Bentuk Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Terlengkap yang bisa kami bagikan. Apabila Anda belum menemukan Surat yang Anda cari. Silahkan Request Surat pada menu Request. Semoga Bermanfaat.








    Definisi Surat Keterangan Ahli Waris


    Contoh Surat - Surat keterangan waris terkadang kita butuhkan untuk melengkapi dokumen persyaratan atau kelengkapan administratif untuk mengurus suatu hal, misalnya untuk pengajukan pinjaman kepada bank, ataupun pengambilan barang maupun uang yang masih atas nama orang yang sudah meninggal. Atau apabila terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, seperti penggusuran, pengakuan hak milik oleh saudara dan lain sebagainya. Surat Keterangan Ahli Waris juga disebut Surat Keterangan Hak waris (SKHW).

    Membat surat keterangan ahli waris tidaklah sulit. kita tinggal datang ke kantor kelurahan dan membawa kelengkapan dokumen sebagai syarat – syarat membuat surat keterangan ahli waris. Adapun syarat – syarat pelengkap dokumen tersebut adalah sebagai berikut :
    1. Surat Pengantar dari RT/RW;
    2. Fotocopy KK & KTP semua ahli waris;
    3. Fotocopy surat kematian;
    4. Fotocopy Surat Nikah Orang Tua di legalisir oleh KUA setempat (jika yang mengurus anak);
    5. Surat lapor kehilangan dari Kepolisian (jika surat kematian sudah hilang);
    6. Membuat Surat Keterangan Waris yang ditanda tangani oleh Para Ahli Waris dengan diberi materai min. 6.000 dan diketahui serta di tanda tangani oleh para saksi yaitu Ketua RT / RW setempat.


    Contoh Surat Keterangan Ahli Waris


    Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Sepertinya Anda sudah mulai paham tentang surat keterangan ahli waris. Nah untuk lebih jelasnya bagaimana bentuk dan format dari surat keterangan ahli waris, berikut dibawah ini ada beberapa contoh surat keterangan ahli waris yang bisa Anda simak dan pelajari.

    Contoh Surat Keterangan Ahli Waris


    SURAT KETERANGAN AHLI WARIS
    Kami yang bertanda tangan di bawah ini adalah ahli waris dari (alm) Bapak Heryawan Arifin, menerangkan dengan sebenarnya dan sanggup diangkat sumpah bahwa Almarhum Bapak Heryawan Arifin bin Restu Arifin, bertempat tinggal di Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kota Bandung, Jawa Barat, pada hari Kamis, 1 September 2016 telah meninggal dunia di Rs. Bersama Abadi Kabupaten Bandung. Dari perkawinan Almarhum Heryawan Arifin bin Restu Arifin telah dilahirkan dan kini masih hidup 3 orang anak yang menjadi ahli waris, dengan rincian sebagai berikut.
    1. Tresna Suwita (Laki – Laki), 40 Tahun
    2. Mieka Kariniah (Perempuan), 38 Tahun
    3. Freddy Hasan (Laki – Laki), 34 Tahun
    Demikian kami adalah para ahli waris dari mendiang: Almarhhum Bapak Heryawan Arifin bin Restu Arifin. Apabila pada kemudian hari keterangan kami ini para ahli waris tidak sesuai, sehingga terjadi gugatan dari pihak yang lain, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami para ahli waris, sedangkan aparat peerintah yan turut menanda tangani Surat Keterangan Ahli Waris ini dibebaskan dari segala bentuk tuntutan hukum.
    Bandung, 8 September 2016
    Para Ahli Waris Tersebut :
    1. Tresna Suwita                    (………………………….)
    2. Mieka Kariniah                  (………………………….)
    3. Freddy Hasan                    (………………………….)
    Saksi - Saksi
    1. Mieska Kariniah               (…………………)
    2. Freddy Gunawan            (…………………)

    Telah tercatat :
    Di Kantor Kecamatan Asam Manis Kota Bandung
    Nomor  : 378/SKAW/KAM/IX/16
    Tanggal: 8 September 2016

    Lurah Melodi Indah                                                                                       Camat Asam Manis

    Drs. Fahmi Trianida                                                                                       Endang Syarif
    NIP. 832732979                                                                                              NIP. 3248236888
    Surat keterangan waris merupakan sebuah surat yang diberikan pemilik warisan kepada ahli warisnya. Surat ini punya kekuatan hukum sebab harus melalui proses persetujuan pejabat pemerintah setempat, misalnya dari kelurahan dan kecamatan atau jasa pejabat pembuat akta tanah. Surat tersebut berisi data - data ahli waris yang sah yang berhak mendapatkan warisan dari si pewaris ketika ia meninggal nanti.



    Lihat Juga :

    - Contoh Surat Perusahaan
    - Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja
    - Contoh Surat Sewa Rumah


    Contoh Surat Keterangan Ahli Waris II


    SURAT KETERANGAN AHLI WARIS
    Kami yang bertanda tangan di bawah ini, ahli waris dari almarhum Bapak  Heryawan Arifin dengan disaksikan oleh :
    Nama                 :  Mieska Kariniah, Usia 50 tahun
    Pekerjaan          : Pegawai Negeri Sipil
    Alamat              : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kota Bandung, Jawa Barat.
    Nama                 :  Freddy Gunawan, Usia 55 tahun
    Pekerjaan          : Karyawan Swasta
    Alamat              : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kota Bandung, Jawa Barat.
    Menerangkan sesungguhnya, bahwa dengan sanggup telah diangkat sumpah kepada Bapak Heryawan Arifin tempat tinggal terakhir di Jalan Amir Hamzah Raya No. 100 Kota Bandung yang pada tanggal 1 Agustus 2016 telah meninggal di Rs. Sehat Terus Kota Bandung. Dari perkawinan Almarhum Heryawan Arifin bin Restu Arifin telah dilahirkan dan kini masih hidup 3 orang anak yang menjadi ahli waris, dengan rincian sebagai berikut.
    1. Tresna Suwita (Laki – Laki), 40 Tahun
    2. Mieka Kariniah (Perempuan), 38 Tahun
    3. Freddy Hasan (Laki – Laki), 34 Tahun
    Demikian kami adalah para ahli waris dari mendiang: Almarhum Bapak Heryawan Arifin bin Restu Arifin. Apabila pada kemudian hari keterangan kami ini para ahli waris tidak sesuai, sehingga terjadi gugatan dari pihak yang lain, maka sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami para ahli waris, sedangkan aparat peerintah yan turut menanda tangani Surat Keterangan Ahli Waris ini dibebaskan dari segala bentuk tuntutan hukum.
    Bandung, 8 September 2016
    Para Ahli Waris Tersebut :
    1. Tresna Suwita                  (………………………….)
    2. Mieka Kariniah                  (………………………….)
    3. Freddy Hasan                    (………………………….)
    Saksi - Saksi
    1. Mieska Kariniah               (…………………)
    2. Freddy Gunawan            (…………………)
    Telah tercatat :
    Di Kantor Kecamatan Asam Manis Kota Bandung
    Nomor                 : 378/SKAW/KAM/IX/16
    Tanggal: 8 September 2016
    Lurah Melodi Indah                                                                                       Camat Asam Manis


    Drs. Fahmi Trianida                                                                                       Endang Syarif
    NIP. 832732979                                                                                              NIP. 3248236888
    Pembuatan surat keterangan ahli waris secara bawah tangan tidak memerlukan pengecekan wasiat dahulu, dan dalam surat tersebut juga tidak mencantumkan besarnya bagian masing-masing ahli waris. Sedangkan di dalam fatwa waris dicantumkan bagian ahli waris masing - masing.

    Contoh Surat Keterangan Ahli Waris III


    SURAT KETERANGAN AHLI WARIS
    Kami yang bertanda tangan di bawah ini, ahli waris dari almarhum Bapak  Heryawan Arifin dengan disaksikan oleh : Nama                   :  Mieska Kariniah, Usia 50 tahun
    Pekerjaan           : Pegawai Negeri Sipil
    Alamat                : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kota Bandung, Jawa Barat.
    Nama                   :  Freddy Gunawan, Usia 55 tahun
    Pekerjaan           : Karyawan Swasta
    Alamat               : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B RT. 03 RW. 01 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah, Kota Bandung, Jawa Barat.
    Menerangkan sesungguhnya, bahwa dengan sanggup telah diangkat sumpah kepada Bapak Heryawan Arifin tempat tinggal terakhir di Jalan Amir Hamzah Raya No. 100 Kota Bandung yang pada tanggal 1 Agustus 2016 telah meninggal di Rs. Sehat Terus Kota Bandung. Dari perkawinan mendiang dengan istri, (Alm) Ibu Yani Amora telah dilahirkan  1 (satu) orang anak yaitu: Ananda Tika Putri Bestari. Dan sampai sekarang masih hidup.
    Demikian saya, yang merupakan anak kandung dari (Alm) Bapak Heryawan Arifin yang telah meninggal dunia merupakan ahli waris tunggal. Dan selain daripada yang tersebut di atas tidak ada lagi ahli waris lainnya.

    Bandung, 8 September 2016
    Ahli waris tersebut :
    Ananda Tika Putri Bestari
    Saksi - Saksi
    1. Mieska Kariniah               (…………………)
    2. Freddy Gunawan            (…………………)
    Dikuatkan oleh kami :
    Lurah Melodi Indah                                                                                       Camat Asam Manis


    Drs. Fahmi Trianida                                                                                       Endang Syarif
    NIP. 832732979                                                                                              NIP. 3248236888
    Dari penjelasan dan contoh - contoh diatas apakah Anda sudah paham tentang surat keterangan ahli waris? Kami berharap Anda semua dapat mengerti tentang contoh surat diatas. Terima kasih sudah berkunjung di blog kami dan sampai jumpa di pertemuan berikutnya. #addcodemiddle{display: none;}



    Harapan kami semoga artikel + Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya bermanfaat

    Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
    Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
    Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
    Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+

    Related : + Contoh Surat Keterangan Ahli Waris - Contoh Surat - Lengkap Contohnya

    0 comentarios:

    Publicar un comentario