Contoh surat remi, surat perjanjian,surat kuasa,surat ijin,surat waris

! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya

! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya -Surat merupakan sebuah alat komunikasih yang sudah lama digunakan dari jaman dahulu. Namun untuk sekarang ini surat cenderung berkembang untuk alat andminitratif pelengkap sebuah dokumen, dan biasanya bersift resmi. Untuk surat non resmi sendiri sudah lama mulai ditinggalkan karena tergerus oleh perkembangan jaman. Dan surat ke exisan surat sendiri sampai kapanpun pasti akan terus berkembang. Selama manusia membutuhkan sebuah tulisan atau perjanjian yang bersifat fisik. Tapi mungkin bentuk dan caranya sendiri yang sudah muali berubah.

Surat sendiri pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di Mesir, di mana pertukaran kebudayaan dengan Babilonia terjadi, pembungkus surat atau amplop bisa berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian sayuran. Mereka juga membungkus pesan mereka menggunakan lapisan tipis dari tanah liat yang dibakar. Sedangkan kekaisaran Persia di bawah kekuasaan Cyrus sekitar tahun 600 SM menggunakan sistem pengiriman pesan yang terintegrasi.[2] Pengendara kuda (Chapar) akan berhenti di titik-titik pos tertentu (Chapar-Khaneh). Di sini, pengendara kuda akan mengganti kudanya dengan yang baru untuk mendapatkan kecepatan maksimum dalam pengiriman pesan. Sistem ini disebut dengan angariae sumber wikipedia

Dan untuk surat ! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya ini, yang pasti sampi sekarang masih banyak yang membutuhkan baik itu buat referensi atau hal yang lain. Dan kami disini mencoba untuk memberikan contoh doc atau sceentnya yang mudah-mudahan bisa memberikan manfaat buat anda. Penulisan surat ! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya sendiri, sebenarnya banyak mengandung etika atau pakem prinsif dalam penulisan Ejan atau struktur surat yang harus dipenuhi. Oleh karena itu mungkin sedikit berbeda dengan kebutuhan anda tapi jangan kuatir tingggan anda edit saja dan siap untuk digunakan.

Artikel terkait-:


Ingin membuat surat dinas? Surat dinas adalah salah satu jenis surat resmi. Surat dinas biasanya dikiriim oleh lembaga resmi pemerintahan atau swasta. Makanya bahasa yang digunakan harus jelas baku sesuai standar ejaan yang disempurnakan.
Yang kebagian membuat surat menyurat ini biasanya adalah bagian sekertaris. So, berikut ini tata cara yang benar membaut surat dinas. Silahkan lihat contoh dan cara pembuatan surat dinas di bawah ini tanpa ribet.
















Share on Facebook Share on Twitter Share on Google+Contoh Surat Dinas Dalam Bahasa Sunda − Alhamdulillah masih bisa berbagi di pagi hari ini untuk anda para pengunjung setia contohsuratpos dimanapun anda berada. Pada postingan sebelumnya admin sudah berikan contoh surat dinas yang baik dan benar. Sedangkan untuk kali ini admin akan bagikan contoh surat dinas bahasa sunda. Jadi jika anda sedang mencari referensi untuk membuat surat dinas bahasa sunda ini. Mari tetaplah di halaman ini dan simak sampai selesai.

Surat dinas adalah surat yang dibuat oleh sebuah instansi/organisasi/perusahaan, baik itu pemerintah maupun swasta yang mempunyai tujuan dan format tertentu. Isi dari surat dinas tidak lain ialah berupa urusan yang menyangkut kedinasan yang dipergunakan untuk kepentingan-kepentingan yang bersifat formal.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa surat dinas ini mempunyai peran yang begitu penting dalam pengelolaan administrasi di sebuah instansi/organisasi/perusahaan. Surat ini biasanya digunakan untuk media komunikasi antara satu kantor dengan kantor lainnya atau antar oraganisasi. Disamping itu, surat dinas juga sering disebut surat jabatan, karena dibuat oleh seseorang yang memliki jabatan atau kedudukan dalam sebuah instansi/organisasi/perusahaan tersebut.

Cara Membuat Surat Dinas Dalam Bahasa Sunda

Gambar untuk Contoh Surat Dinas Dalam Bahasa Sunda Contoh Surat Dinas Dalam Bahasa Sunda
Bagi anda yang bukan orang sunda, mungkin akan sedikit mengalami kesulitan dalam membuat surat dinas bahasa sunda ini. Maka dari itu, di bawah ini sudah admin siapkan beberapa contoh surat dinas menggunakan bahasa sunda untuk berbagai macam keperluan. Mari langsung saja kita perhatikan di bawah ini.

Contoh Surat Dinas Sekolah Bahasa Sunda

SMA NAGARI 3 BANDA ACEH
Jln. Tgk. Daud Beureuh No. 454 Banda Aceh
No. Telp. 0651 23206 =====================================================================
Banda Aceh,2 Mei 2017

No            : 034/SMAN-3/06/2017
Lampiran : -
Perihal     : Ondangan

Yth. Orang Tua/Wali Murid
Kelas XII SMA Nagari 3
Banda Aceh

Kalawan ajen,

dina raraga ngaronjatkeun kauninga para siswa siswi SMAN 3 Banda Aceh hususna kelas XIII. Mangka ngaliwatan serat ieu urang salaku awak atikan sakola,boga maksud ngayakeun studi lapang kanggo siswa-siswi kelas IPA di jabi sakola.

Sedengkeun acara kasebat bade urang laksanakan dina :

Hari/Tanggal : Kemis,11 Mei 2017
Babuk           : 09.00 s.d. 12.00 WIB
Tempat         : Banda Aceh
Acara           : Panalungtikan Flora Langka

Kitu serat beja ieu urang sampaikeun, tina sagala perhatian sarta kerjasamanya urang ucapkan hatur nuhun.

Hulu Sakola
SMAN 3 Banda Aceh


Drs. Anwar Sanusi

Contoh Surat Dinas Perusahaan Bahasa Sunda

Nomer : 1045/IM-07/2017
Perihal : Meeting Dewan Direksi
Sipat   : Peryogi

Ka Anu Dipihormat,
Dewan Direksi PT. Hoyong Maju
di -
Tempat

Yen kanggo menindak lanjuti Project anu ditawarkeun ku PT. Asal Langgeng,mangka bade dilaksanakeun Meeting Dewan Direksi PT. Hoyong Maju dina :

Dinten, Ping : Senen, 8 Mei 2017
Tempat         : Rohang Rapet Direktur
Wanci           : Babuk 09.00 WIB - rengse

Ngemut pentingna meeting ieu,dipambrih kanggo nepikeun waleran luhur project anu bade dibahas engkena. (Salinan Project PT. Asal Langgeng Terlampir)

Kitu ditepikeun,luhur perhatian na di ucapkan hatur nuhun.

Bekasi,2 Mei 2017

PT Hoyong Maju


Suroso,ST
Direktur

Contoh Surat Dinas Osis Bahasa Sunda

OSIS SMA NAGARI 1 BANDUNG
Jln. Ir. H. Juanda No. 93 Dayeuh Bandung Telp. 62 22 2503948 =====================================================================
Bandung, 2 Mei 2017

Nomer      : 108/TI/IV/2017
Perihal     : Bewara
Lampiran : -

Ka Yth.
Bapak/Ibu Jalmi Tua/Wali Murid

Assalamualaikum Wr. Wb

Sehubungan kalawan bade diayakeunana kagiatan kanggo masihan palatihan barobah kaayaan anggota OSIS periode 2017-2018. Urang salaku penanggung walon acara,bade ngayakeun kagiatan palatihan kasebat dina :

Dinten, Ping : Senen,8 Mei 2017
Tempat         : SMA 1 Bandung
Wanci           : 3 Dinten

Ningali pentingna acara ieu urang harepkeun Bapak/Ibu salaku jalmi tua/wali murid tiasa mikeun widi kanggo ngiring kagiatan palatihan ieu dimargikeun kagiatan ieu tiasa memmbangun sipat sarta daweung kapamingpinan guna ngarojong pangabisa siswa/i dina milampah pancen minangka OSIS di SMA Nagari 1 Bandung.

Kitu serat ieu urang kanggo. Luhur perhatian sarta widi anu dibikeun,urang ucapkan hatur nuhun.

Pupuhu Osis SMA 1 Bandung


Munawar Khalil
Demikianlah 3 contoh surat dinas dalam bahasa sunda yang dapat admin bagikan pada kesempatan ini. Semoga dapat memberikan manfaat tersendiri untuk anda yang saat ini sedang mencari referensi dalam membuat surat dinas bahasa sunda. Silahkan like dan share kepada teman-teman lain yang membutuhkan melalui tombol di bawah. Dan jika dibutuhkan silahkan baca juga contoh surat tugas yang baik dan benar. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari contohsuratpos1.blogspot.com.LANGKAH LANGKAH MEMBUAT SURAT DINAS

Bagian-bagian dari surat resmi
1.kepala/kop surat
2.tanggal surat
3.nomor surat
4.lampiran
5.hal perihal
6.alamat tujuan
7.salam pembuka
8.isi surat
9.salam penutup
10.nama,jabatan, dan tanda tangan
11. tembusan

 KEPALA ATAU KOP SURAT
  1. Nama lembaga, instansi atau perusahaan.
  2. Alamat Lengkap perusahaan, lembaga atau instansi.
  3. Kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telpon, fak atau email.
  4. Kode Pos
  5. Logo dari lembaga, perusahaan, atau instansi.

    NOMOR SURAT
    Nomor surat pada surat resmi merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi sangat penting. Pada bagian ini tidak bisa dibuat sembarangan, karena setiap karakter yang ada pada nomor surat resmi memiliki makna dan arti. Orang yang telah lama berkecimpung dalam surat menyurat tentu sudah tahu benar bagaimana tata cara penulisan nomor surat dengan baik dan benar. Lalu bagaimana orang yang baru belajar? Bagaimana menulis nomor surat? Berikut penjelasannya. Pada surat resmi terdapat beberapa bagian seperti nomor surat, kode surat serta bulan dan tahun pembuatan. Semua bagian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk bagian kearsipan. Setiap lembaga bebas untuk membuat kode sendiri dalam nomor surat. Berikut contoh nomor surat dan pembahasannya. TEMPAT DAN TANGGAL SURAT
    Tempat dan tanggal surat merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi serta kapan ditulisnya surat tersebut. Tetapi apabila lokasi penulisan surat sudah dinyatakan pada kop surat, maka dalam hal ini tidak perlu ditulis kembali, cukup tangganya saja. Lokasi penulisan tempat dan tanggal surat biasanya berada di pojok kanan atas sejajar dengan nomor surat. Nama tempat biasanya ditulis mendahului tanggal surat. Penulisan nama tempat dan tanggal dipisah dengan tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik. Contoh : Bandung, 17 Agustus 2015.
    LAMPIRAN SURAT Lampiran surat merupakan suatu dokumen tambahan yang di lampirkan ke dokumen utama. Lampiran biasanya berisi dokumen pendukung yang menguatkan dokumen utama seperti foto kegiatan, laporan keuangan lebih mendetail dan lain sebagainya.

    ALAMAT SURAT
    1. Alamat surat biasa terdapat pada dua tempat yaitu di bagian sampul dan di awal surat.
    2. Alamat surat yang ditulis pada bagian sampul harus berisi alamat lengkap. sedangkan untuk alamat yang ditulis pada bagian surat biasanya tidak selengkap alamat yang ditulis di sampul.
    3. Penggunaan kata “kepada” tidak wajib digunakan karena sia-sia.
    4. Kata “Yang Terhormat” bisa disingkat dengan “Yth”
    5. Penulisan sebutan seperti ibu, bapak atau Sdr/Sdri wajib digunakan bila diikuti dengan nama orang.
    6. Kata “Jalan” tidak perlu disingkat, dan penulisan alamat tidak perlu diakhiri dengan tanda titik.

      SALAM PEMBUKA DAN PENUTUP
      Penulisan salam sebaiknya menggunakan kata-kata umum yang biasa digunakan dalam percakapan resmi seperti salam sejahtera, atau kalau satu keyakinan bisa menggunakan salam yang diajarkan oleh agama masing-masing. Penulisan salam pada surat resmi biasanya diakhiri dengan huruf koma

      ISI SURAT Inilah bagian pokok dari sebuah surat. Isi surat biasanya di taruh pada tengah surat yang berisi tentang penjelasan maksud dan tujuan dari sebuah surat. Ini surat yang baik adalah yang menggunakan bahasa baku serta kalimat yang ringkas dan mudah untuk dimengerti oleh penerima surat. Pemilihan kalimat serta kata yang digunakan juga merupakan faktor penting dari isi surat resmi.

      PENUTUP SURAT Penutup surat harus menggunakan kalimat yang baik dan benar. Berikut beberapa contoh kalimat penutup yang biasanya digunakan dalam surat resmi.
      1. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami haturkan terima
        kasih.
      2. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
      3. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja sama Saudara kami ucapkan
        terima kasih.
      4. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
      Selain itu pada bagian penutup biasanya juga di lengkapi dengan jabatan, nama dan NIK, dan juga tanda tangan orang yang membuat surat. Selain itu juga adanya tembusan surat, kepada siapa saja surat ini ditujukan dalam satu lembaga tersebut.



Harapan kami semoga artikel ! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya bermanfaat

Dan dapat memberikan nilai lebih bagi pembaca
Serta segala hal yang tidak salah kata atau ejakan serta hal-hal yang kurang berkenan sekirnaya sudi untuk meninggalkan komentar diibawah
Serta kami informasiskan bahwa artikel ini kami ambil dari berbagai sember internet baik Google,Bing
Untuk itu kami hanya memaparkan saja dan untuk kajian lebih mendalamnya bisa sodara tanyakan kepada ulama atau guru-guru terdekat disekitar anda, sekian artikel dari kami.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : ! Tata Cara Membuat Surat Dinas Resmi # Doc Contoh Resminya

0 comentarios:

Publicar un comentario